Minggu, 03 Juli 2011

symphoni terakhir -cerpen-

nahhh,ini cerpen terakhir yaa,
buat hari ini...


langsung aja....


cekidott =)






 "...RIO,RIO,RIO,ALVIN,RIO,RIO,RIO,RIO,RIO,ALVIN,RIO. ..."

"stlh melihat hasil suara yg tlah dihitung tadi,maka dpt diketahui ketos SMA Putra Bangsa tahun ini adlh Mario Stevano... "


prok-prok-prok. Suara tepuk tangan membahana.


"hufh,hrusnya gw sadar,gw gak kan mungkin menang saingan sama rio" batin seorang cwok,dia lalu menghampiri Rio.
"weist,bro,slamet ya" ucapnya smbil menepuk pundak rio.
"thanks,vin" jwb rio.
"traktirannya ya,yo" ucp cwok yg bernama alvin itu.
"dasar,cina blangsak,traktiran mulu" ucap rio,lalu merangkul pundak alvin dan berlalu kekelas.


Mario Stevano Aditya,kini resmi menjadi ketos Putra Bangsa. Padahal baru tadi pagi ia mempersembahkan sebuah piala bergilir utk sekolahnya karena tlah menjadi juara1 olympiade kimia. Rio adlh sosok sempurna,ia tak henti-hentinya membuat orang berdecak kagum dan bangga. Tampan,pintar,berprestasi,aktif,ramah,populer,anak band,tak ada satupun yg bisa dicela darinya. Rio dan Alvin adlh sahabat,mereka tlh berteman sejak kecil,malah ada yg blang mereka satu paket,dmana ada Rio disitu pasti ada Alvin. Rio sngt menyayangi alvin begitu juga sebaliknya.




Dikelas




"gw mau ngomong sebentar,soal band kita" ucp gabriel,ketua d'orions band.
"gw rasa kita hrs ganti vokalis" lanjutnya.
"APAA??" Alvin terkejut.
"iya,Vin. Gw rasa sebaiknya loe tUkeran posisi sama rio" terang iel.
"tapiii..."
"vin" sela cakka
"ayolah,ini demi band kita,loe tau kan skrng lagi booming lagu-lagu mellow,dan ya,kita fikir rio lbh cocok bawainnya"
"gw rasa,alvin juga bisa kok" bela Rio.
"oke,gw ngerti kok dan gw setuju" kata alvin sambil tersenyum pahit.
"thankz,vin. Loe udh ngerti. Oke,gw rasa kita udh sepakat.
"Yaudah gw sama iel cabut duluan ya" kata cakka,lalu pergi dg iel.



Rio menatap alvin...
"ngapain loe,liatin gw kyk gitu?naksir? Sorry yo,gw msh normal" kata alvin.
"ish,apaan sih loe,becanda mulu?? Ehk,kodok,loe serius mau tukeran posisi sama gw??" tanya rio.
"iya,io ku sayongg" ucap alvin sambil mengedipkan matanya. 
"ihh,najong bgt sih loe,Vin. Udah akh,gw duluan yak,di panggil pak duta ada pembinaan buat olympiade fisika" ucap rio.
"dadahh,io kuuu" ucp Alvin manja,rio memasang muka geli,lalu pergi.
"beruntung bgt sih loe,Yo. Andai loe bagi keberuntungan loe buat gw,satu aja,Yo." batin alvin.

Ya,itulah alvin. Alvin terkenal sbg cowok ramah,ceria dan supel. Tidak banyak yg tau tentang alvin,termasuk Rio sahabatnya. Alvin tipe cowok yg lbh senang bersembunyi dibalik senyum jailnya.


"WOOII,cie,cie,koko apin ganteng bgt hari ini" ucap seorang gadis,tiba-tiba.
"loe ngagetin aja sih. Oh iya dong,gw kan mau nembak cewek" jwb alvin.
"jaahh,nembak siapa,Vin??" tanya gadis itu.
"hhehe,ada deh,ntar juga loe tau. Ekh,fy,pulang sekolah,gw mau ngomong ya."
"oke,ditaman ya. Gw juga mau cerita sama loe" ucap cewek yg ternyata bernama ify itu.


Ditaman sepulang sekolah.



"lama banget sih loe,vin" keluh ify.
"sorry dehh. Ehk,loe mau cerita apaan??" tanya alvin.
"loe duluan deh" suruh ify.
"gak ahk,ladies first" ucap alvin.
"oke deh. Apin gw seneeeengg bgt,semalem rio nembak gw" ucap ify. Alvin terdiam.
"so sweeett bgt. Gw dibawain 100 mawar putih,udah gitu rio nyanyi buat gw. Gw seneeeng bgt, Rio romantis ya vin? Alvin...apin?? Ihk,apin jahat,gak dengerin gw ya??" tanya ify.
"denger kok,denger. Selamet ya,Fy" ucp alvin lirih.
"iya,thanks. Ehk loe mau ngomong apa tadi??" tanya ify.
"ohh itu,ehk,mmh... Gak kok,gak penting,yaudah ya,gw duluan. Ada pengumuman hasil seleksi kapten basket,daaahh,ippi" ucp alvin. "anekh" gumam ify.




Di lap. Basket.




"stlh seleksi kemaren,saya memutuskan yg menjadi ketua tim basket putra tahun ini adlh Mario Stevano" ucp pelatih.
"yyeee" sorak anggoto tim basket.
Lalu mereka memberi ucapan selamat pd Rio.


Rio menggandeng ify pacarnya,lalu menghampiri alvin yg tertegun sendiri.


"kenape loe,tumben diem,biasanya kyk belut loe??" tanya rio.
"gak lucu !!" bentak alvin.
"yye,lagi dapet ya loe,nyolot amet??"
"DIEM LOE" "biasa aja dong,vin. Knpa sih loe? Gw kan gak ada salah apa-apa loe?" emosi rio mulai terpancing.
"ohh,iya. Loe bener,seorang Mario Stevano gak salah apa-apa dan gak akan pernah salah" bentak alvin.
"loe mau tau,gw kenapa? Gw capek,yo,gw CAPEK. Loe bilang kita sahabat,gw udah anggep loe sodara gw. Tapi kenapa loe ambil semua yg gw mau,kenapa yo??"

"loe tau kan,dari kecil gw pengen jadi kapten basket,lo tau kan almarhum nyokap gw pengen gw jadi ketos,loe tau kan gw suka nyanyi,loe tau semua yo,semuanya,trus kenapa yo?? Kenapa loe ambil semuanya,gw Benci loe,GW BENCI." alvin berteriak dan berlari menjauh,rio mengejarnya. "Vin,Alvin" panggil rio,alvin terus berlari. Hingga...




BRAAKKK



Sebuah mobil menabrak alvin, ia segera dilarikan kerumah sakit.




Beberapa hari kemudian.



Hari ini alvin sudah sadar dari masa kritisnya. Rio dan ify berniat menjenguknya.

"Vin" ucp Rio.
"mau ngapain loe kesini?? Mau ngetawain gw,krna gw buta? Iyakan?" tuduh alvin.

Ya,kecelakaan itu memang membuat alvin kehilangan penglihatannya,kebenciannya pd Rio pun semakin menjadi.


"alvin,Rio tu kesini niatnya baik,dia mau minta maaf,kok loe malah nuduh gitu??" ucp ify.
"terus aja,loe belain pangeran loe itu. Mario yg perfect,yg sempurna,yg serba bisa,siapa juga yg mau belain gw,alvin si BUTA. HHAHAHA." Alvin tertawa pedih.
"seneng yo,bahagia?? Gw msh terima yo,loe ambil harapan gw,loe rebut cita-cita gw,tapi gw gak terima loe hancurin cinta gw,loe tau kan,gw suka ify?? Tapi loe juga rebut dia dari gw,jahat loe,Yo !!!"
"tapi gw sama sekali gak tau,Vin,soal ify" ucp rio.
"ohh,iya. Gw lupa,mana mau loe tau perasaan gw,gak penting buat loe" tuduh alvin (lagi).
"vin..."
"KELUAR,KELUAR LOE SEMUA,KELUAR !!" usir alvin.
"udah yo,kita keluar. Alvin butuh sendiri." ucap ify,sambil menarik rio keluar.

Meski telah diusir tanpa sepengetahuan alvin,Rio selalu memantau keadaan alvin,bahkan rio menyuruh ify utk merawat dan menemani alvin. Kebencian alvin membuat rio kacau,keadaannya memburuk.


Hingga suatu hari,alvin mendapatkan donor mata. Beberapa hari kemudian alvin menjalani operasi. 0perasi berjalan lancar,kini alvin kembali bisa melihat.

3 hari pasca operasi,alvin sudah diperbolehkan pulang. Suatu sore,dirumah alvin...


"loe kenapa,Fy?? Kok kyknya sedih gitu??" tanya alvin pada ify yg saat itu sedang menemaninya.
"Rio,vin. Seminggu terakhir ini gw gak pernah liat dia,gw hubungin juga gak bisa. Gw takut,vin. Perasaan gw gak enak." jwb ify,smbil menangis.
"mungkin rio msh gak enak fy,sma gw. Makanya dia menghindar,besok,gw kerumahnya dehh ya. Sekalian minta maaf,atas sikap gw tempo hari. Udah akh,jgn nangis.jelek tau" hibur alvin.
"makasih ya,Vin" alvin tersenyum.


Dirumah rio

ting-tong. Seorang wanita paruh baya tergopoh-gopoh membukakan pintu.
"ekh,den alvin" "rionya ada,Bi??" tanya alvin.
"den rio,den rio....."
"yaudah deh,alvin langsung kekamarnya aja ya,bi." potong alvin, si bibi terdiam.



Kamar Rio


"yo,loe kema....."

Sepi. Dikamar itu tak ada siapa-siapa. Alvin masuk kedalam,dilihatnya,diatas tempat tidur tergeletak beberapa botol obat dan bercak-bercak darah yg sudah mengering. Ada selembar kertas terjatuh dilantai,alvin memungutnya,lalu membacanya....

"kanker otak,stadium akhir??" gumam alvin.

"den rio anak yg baik,sangat baik,jadi tuhan ingin bertemu dengannya lebih cepat." ucp si bibi,tiba-tiba.

Alvin terduduk lemar,tulang-tulangnya serasa dilucuti. Ia merasa sebagian dari tubuhnya ditarik dg paksa. SAKIT. PEDIH.

"kita hanya bisa ikhlas,den. Dan ini,ini titipin den rio,utk den alvin." ucp si bibi seraya menyerahkan sebuah kaset Video dan sepucuk surat,lalu ia pergi,smbil terisak.

Alvin sangat ingin tau,apa isi kaset itu. Maka disetelnya kaset tersebut dikamar rio. Saat kaset video itu
menyala,mulai terdengar petikan gitar dan suara lembut rio.



Alun sebuah symphoni,kata hati disadari. Merasuk sukma kalbuku,dlm hati ada satu....


Lagu ini?? Alvin sangat ingat,ini adalah lagu favoritnya dg rio.

Saat alvin melihat kaset video itu,muncul foto-foto masa kecilnya dg rio. Foto saat ia dan rio bermain bola,saat ia dan rio bermain hujan. Saat rio memboncengnya dg sepeda baru rio.

Air mata alvin mulai menetes, lagu terus mengalun...

Manis lembut bisikanmu,merdu lirih suaramu, bagai pelita hidupku.


Skrng gmbar berganti, kini foto saat alvin dan rio pertama kali masuj TK,lalu foto saat alvin dan rio bernyanyi bersama, foto mereka dg almarhum mama alvin,foto-foto saat ulang tahun alvin.

"bodoh loe,vin. Ngapain dulu loe maki-maki rio,ngapain loe bentak-bentak rio,vin. Rio gak salah,loe jahat vin,loe iri sama rio." alvin memaki dirinya sendiri.

Berkilauan bintang malam,semilir anginpun sejuk,seakan hidup mendatang dpt ku tempuh dg mu....

Alvin tak sanggup lagi melihat video itu,semua kenangan tentang rio,tentang kebaikan rio,tentang persahabatan mereka,semuanya berputar-putar dikepala alvin. Alvin memutuskan utk membaca surat rio.

Dear alvin sobat gw

vin,maafin gw,kalo selama ini gw salah. Vin,asal loe tau,gw jadi ketos,gw jd murid teladan,gw jd ketua timbasket, itu semua bukan buat nunjukin kalo gw lbh dari loe. Justru gw iri,vin sma loe. Loe msh pnya banyak kesempatan buat bahagiain orang-orang yg sayang sama loe. Gw iri,vin. Waktu gw terbatas, 7bulan lalu,gw difonis dokter.kanker vin. Stadium akhir.



Berpadunya dua insan,symphoni dan keindahan. Melahirkan kedamaian,melahirkan kedamaian....


Gw cuma mau bikin semua orang bangga vin,gw cuma mau orang-orang selalu inget sama gw sebelum gw pergi ninggalin mereka,gw gak mau waktu gw kebuang sia-sia

Maaf vin,maafin gw kalo keinginan gw itu salah,kalo itu nyakitin loe. Gw gak tau vin,gw gak tau...

Syair dan melody,kau bagai aroma penghapus pilu. Gelora dihati,bak mentari kau sejukkan hatiku.

Lagu dari kaset itu terus mengalir bersama dg air mata alvin. Suara rio mula terdengar lemah.

Dan soal ify,gw cuma pengen ngerasain cinta tulus vin,sebelum gw mati. Gw gak tau kalo,loe juga suka sama ify. Saat loe marah sama gw,gw hancur,vin. Gw ngerasa sendiri,jadi gw mhon lne jangan marah lagi ya,maafin gw.

Burung-burumg pun bernyanyi bungapun tersenyum melihat kau hidur hatiku...

"gw marah,yo, marah bgt, loe anggep gw apa yo?? Kenapa loe gak pernah cerita ttg penyakit loe,kenapa yo??" batin alvin.


Saat loe baca surat gw,mungkin penyakit sialan ini udah bawa gw pergi dari dunia. Tp gw gak pernah jauh vin dari loe. Gw titip mata gw ke loe,supaya loe tetep ngerasa deket ya sama gw. Gw minta loe jagain ify buat gw,temenin dia,bahagiain dia. Sekali lagi,gw minta maaf vin,maafin gw.


Sahabat jahatmu
       mario.


Hatiku mekar kembali,terhibur symphomi,pasti hidupku kan bahagia..

"jadi mata ini??" alvin meneteskam air mata.
"mata loe,gak mau yo sama gw,liat dia selalu ngeluarin air mata" ucap alvin lirih.

"gmna gw mesti jelasin sama ify,yo??"gumam alvin lirih.




alvin melihat kembali pada video itu,kini gambar berganti. Seorang lelaki kurus dan pucat,terbaring lemah. Ditubuhnya tertempel banyak alat medis. Matanya sayu dan terlihat sangat lelah. Tapi dia tetap tersenyum dg tulus.

"rio.."

alvin tak mampu melihat rio dlm keadaan seperti ini,dia menyesal atas semua sikapnya pd rio.



"yo,hidup loe udh sempurna,tp kenapa loe tinggalin itu semua?? Tapi loe berhasil,Yo. Semua orang gak akan pernah lupa sama loe,mario si ganteng,mario si perfect,mario sang ketua osis. Semua orang bakal inget sama loe. Gw maafin loe,yo. Dan gw harap loe juga maafin gw" kata alvin sambil menatap foto rio.

"gw bkal kangen bnget sama loe,marioku sayong" alvin menghapus air matanya,ia mengusap bercak-bercak darah dikasur rio.

"MARRIIOOOO,APIN KANGEEENN" Alvin berteriak sekenceng-kencengnya,
bersamaan dg itu kaset video dari riopun mati.


Pasti hidupku kan bahagiiaaaaa...



THE END




admin 4 novia..


thx all yg udah mau baca cerita-cerita aku,
ajak temen-temen kalian buat gabung juga yaa disini..



salam kenall,
sangkyuuu...

_DTBR_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar