Sabtu, 09 Juli 2011

"Ku Tunggu Kau Pulang" -cerpen-

8 NOVEMBER
Seandainya tuhan mengizinkan Rio untuk menyebutkan sebuah nama yang ingin Rio jadikan teman hidup Rio untuk selama-lamanya, Rio akan sebut namanya. Mamaku !Kau tahu tidak ? dari dulu rio tidak pernah suka keramaian trmasuk waktu itu, saat rumah di penuhi oleh banyak orang. Orang yang bahkan tidak aku kenal dan dengan lancangnya mencubit pipi rio seraya berkata “aduh,imutnya… sekarang adek kelas berapa ? sebenarnya aku tidak terlalu keberatan jika setelah mereka langsung membayar ganti rugi atas sakitnya pipiku. Aku benci mereka ! ma, mama tahu tidak ? saat aku melihatmu berjalan ke sana ke mari, bersalaman dengan orang-orang, berbicara dengan mereka dan sibuk dengan urusanmu. Aku berdiri memperhatikan mu dan mendesah pelan, “tolong lihatlah aku…… lihat aku ! lihat putramu ini ! tapi kau hanya melintas pergi. Aku benci suasana bodoh itu ! suasana ketika kau tidak mengerti perasaanku ! jadi ku plih pergi.
Aku berjalan lemas meninggalkan tempat itu. Tempat dimana aku berdiri melihat dan mengharapkan tatapanmu. Aku melangkahkan kaki menuju kamar tidurku dan berusaha untuk mencari urusan lain. Aku diam sejenak dan hanya bisa membisu di sudut kamar sebelum akhirnya mataku tertuju pada sebuah mobil-mobilan di sana. Sebuah mobil-mobilan yang dulu kita beli bersama-sama di suatu masa yang ceria. Sebuah mobil-mobilan yang bannya sudah copot.
Iyaaa, aku lebih suka melihat ban mobil-mobilan itu copot. Karena dengan begitu dia tak kan dapat berjalan. Karena saat itu aku sangat takut seandainya kau lebih memilih mobil-mobilan itu untuk menggantikan posisiku sebagai putramu, lalu membuangku ketempat sampah, hanya karna mobil-mobilan itu lebih bagus. Hhhhh ! waktu terasa lama sekali. Menunggumu selesai berurusan dengan banyak orang.
Itu detik terlama yang pernah aku rasakan. Melintas dan bergulir begitu lambat di sampingku. Setelah itu aku memejamkan mata. Aku capek, Ma ! capek bermain dengan sebuah mobil-mobilan yang ketika ku Tanya dia lebih memilih untuk diam dan menunggu agar aku menjawab pertanyaanku sendiri. Lama ! lama sekali aku menunggu. Hingga akhirnya kau datang, setelah semua orang pergi meninggalkan rumah kita.
Aku ingat waktu itu ! kau bangunkan aku yang sedang terlelap mimpi. Kedua tanganmu meraih tubuh mungilku dan menggendongku dalam dekapmu. Aku hanya bisa diam dan mengusap mataku pelan. Saat itu senja. Kau bawa aku keluar rumah. Ketika bersamamu, senja itulah pertama kali aku melihat langit yang begitu merah. Sinar jingga yang begitu menusuk pelupuk mataku dan matahari sore yang hangat menyentuh kulitku. “Tadu adek tidurnya lama sekali, ! gumammu dengan nada tertahan.
Aku diam !
Itulah kalimatmu yang sampai sekarang tak bisa aku lupakan. Kalimat sederhana dengan nada dan suasana yang sangat ingin ku ulang. “kita tunggu papa pulang ya ? katamu lagi. Aku mengangguk pelan. Diam. Kita lama sekali diam ! itulah saat terakhir kali aku merangkulmu satu hari sebelum kau pergi disaat semua keadaan baik-baik saja. Detik terindah dan tersingkat yang pernah melintas dalam hidupku. Detik yang sangat ingin aku kenang !
28 DESEMBER
Ma, ada apa ? itulah pertanyaan yang terlalu sering kuulang dan terlalu sering pula tak mendapat jawaban. Aku melihatmu, ma ! lagi-lagi menangis di sudut kamar. Aku membentangkan kedua tanganku dan membiarkan jiwamu dengan segala kehancuran hatimu melekat dan merangkul tubuhku.
Lepaskan saja semuanya, ma ! bagi seutuhnya kekecewaan itu padaku. Aku janji, aku akan tetap di sini untuk merasakannya bersamamu. Tapi janji ya maa ! setelah ini kita buang semuanya bersama. Jangan di rasakan lagi. Jangan di pendam. Karena aku tahu rasanya pasti sakit. Iya kan ma ? pasti sakitkan ?
Kuulang segala rasa dan asa yang membara dan menyatu dalam hatiku. Aku tidak tau pasti mengapa mama menangis. Hingga suatu hari kau putuskan untuk pergi. “lalu aku, ma ? tanyaku perlahan lalu berpaling karena tak sanggup melihat kehancuranku. Aku ingat waktu itu. Mama pergi. “mama nggak sayang aku lagi”. Kataku pelan dan hanya mendapat balasan sebuah keputusasaan.
Kapan kita main sama-sama lagi? Kapan kita bikin kue lagi, ma ? kapan mama bilang kita tunggu papa pulang ? dan sejak kapan segalanya berubah ? saat itu aku benci padamu. Ingin ku benci dengan sepenuh jiwaku…. Tak tak bisa !! aku tidak bisa benci padamu …
18 APRIL
8 tahun kemudian usiaku empat belas tahun. Di pantai ini aku melangkah sendiri. Senja ini tak ada rintik hujan. Aku menapaki pasir putih dan membiarkan ombak menjilat pergelangan kakiku yang tak beralaskan apapun. Aku menerawang kea rah langit jingga. Merasakan pekikan elang senja menusuk batinku. Sakiiiiit !
Aku ingat kamu. Iyaaa, aku ingat kamu ma ! “permisi” ! sebuah suara mengalun lembut dari arah belakangku. Suara yang sangat aku kenal. Aku menoleh perlahan. “ma? Mamakah itu ? batinku melihat seseorang yang kini berada tepat di depanku. “adek”… katanya hampir tak terdengar. Demikian mama memanggilku sejak kecil. Dia tidak akan pernah memanggil namaku.
Wanita itu. Dia langsung berlari ke arahku dan mendekapku dengan sepenuh cinta dan rasa rindu. “maafkan mama sayang” desahnya terisak di pundakku. Aku menatapmu, ma ! laamaaaaa sekali, hingga tidak dapat lagi kurasakan air mata yang jatuh perlahan membasahi pipiku. “maafkan mama!” ulangmu memohon.
“mama nggak akan ninggalin adek lagi. Mama janji !”. aku tidak dapat berkata-kata lagi. Semuanya tertelan begitu saja. Wajahku kian memanas. Tetapi kemudian padam ketika kulihat raut wajahmu yang yang begitu teduh dan penuh kasih. Aaah mama ! aku nggak bisa benci sama mama. Karena aku sudar terlanjur cinta.
Ku maafkan, ma ! aku maafkan meskipun untuk sebuah kesalahan yang tak pernah aku mengerti. Dan alasan mengapa kau tinggalkan aku ! senja itu ! aku merasakan kembali pelukanmu. Pelukan termesra dan ter,ter,ter, yang lainnya kudapatkan hanyalah dari mama seorang. Aku tidak tahu, ma ! mengapa dengan mudahnya aku bisa memaafkanmu. Yang ku tahu hanyalah , aku cinta mama !
-THE END-
Huaaa, bagaimana ?
Jelek yah ? ini kisah ngresep banget di aku. Huhuhu
Maaf yah kalo jelek, bikinnya Cuma 2 jam.
LIKE+COMEN & KRITIK+SARAN JUGA YA ?
Sankyuuuu ^^
Admin1.angel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar